IMG-LOGO
Home Berita STRATEGI DALAM MEMASARKAN DAN MEMPROMOSIKAN PRODUK UNGGULAN UMKM KABUPATEN MALANG
Peluang Usaha

STRATEGI DALAM MEMASARKAN DAN MEMPROMOSIKAN PRODUK UNGGULAN UMKM KABUPATEN MALANG

akhmad_DI - 2021-05-04 10:33:44 616 Dilihat 0 Komentar
IMG

Seperti yang kita ketahui bahwa kabupaten malang mempunyai berbagai macam produk unggulan, mulai dari kopi, anyaman bambu, susu, genteng, batik,topeng dan masih banyak lagi yang lainnya.

Nah salah satu produk unggulan yang sudah terkenal di kabupaten ini adalah hasil dari perkebunan kopinya. Hal ini dikarenakan kabupaten malang memiliki potensi wilayah untuk perkebunan yang sangat luas, Karena hampir seluruh daerah yang ada di kabupaten malang adalah dataran tinggi, maka tanaman kopi juga bertumbuh subur di daerah ini. Daerah penghasil produk kopi terbaik antara lain adalah dampit, tirtoyudo, sumbermanjing wetan, dan wonosari.Tatapi saat ini produk" kopi ini agak melemah hasilnya, hal ini dikarenakan situasi pandemi seperti sekarang ini dapat menurunkan perekonomian masyarakat, sehingga untuk membeli pupuk kopipun agak berat ataupun harus berfikir panjang. Tetapi jika masyarakat dapat memanfaatkan situasi ini dengan baik dan benar, maka hal ini tidak akan terjadi. Salah satu contoh adalah memberikan sebuah BRANDING ke sebuah produk yang akan di pasarkan, karena dengan adanya sebuah BRANDING maka akan memberikan daya tarik tersendiri bagi konsumen, dan juga dapat menghasilkan harga jual produk yang lebih tinggi. Hal ini bisa dilakukan dengan cara membuat kemasan sebuah produk yang unik dan menarik. Kemudian untuk cara pemasarannya itu sendiri dapat dilakukan dengan memanfaatkan teknologi digital, yaitu dengan cara menjual produk" unggulan di berbagai sosial media, seperti ig, facebook, dan aplikasi jual beli online yang tersedia. Kemungkinan dengan hal ini, dapat meningkatkan perekonomian masyatakat.

 Sebagi generasi muda  selain harus ber peran aktif dalan dunia UMKM sebisa mungkin harus bisa menerapkan secara langsung.

Di tempat tinggal saya di Gunung kawi adalah salah satu sentral penghasil kopi, dan mayoritasi penduduk di daerah gunung kawi tepatnya desa sumber tempur adalah petani kopi, tetapi kendala yang di hadapi sama seperti UMKM pada umumnya yankni pemasaran/ penjualan, karana apabila kopi Di jual di pengepul harga jualnya sangat rendah dan tidak sesuai dengan modal perawatan tanaman kopi itu sendiri.

Di awal tahun 2021 saya dan keluarga, berusaha menjual produk hasil kebun kopi kami sendiri berbentuk biji rosting dan bubuk dengan branding yang tepat dan pemasaran 

serta promosi melalui media sosial,Kopi yang dulu dengan harga jual yang rendah karna branding dan kemasan serta pengolahan yang bagus dan tepat sekarang mempunya harga jual yang lebih tinggi .

bahkan produk kami sudah di kirim sampai pulau kalimantan, dan kami sudah membuka cabang pemasaran di kalimantan timur. Tepatnya di Kabupaten berau.

Dari hal tersebut branding  hal yang peting dalam penangan suatu produk UKM supaya bisa menjadi produk unggulan

Dan di era digital ,media sosial adalah saran paling tepat dan cepat dalam hal pemasaran dan promosi untuk mengenalkan produk produk unggulan kabupaten malang

“Saatnya pemuda  perperan penting dalam kemajuan bangsa’’

 




Komentar Anda